Tuesday, January 15, 2019

Wajah Baru Sang Legenda Segala Medan

ARSIP JAGUAR LAND ROVER--Land Rover akan merevolusi produknya, Land Rover Defender. Perubahan signifikan ada pada bagian eksterior, khususnya bonet dan buritan. Defender anyar ini akan diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun depan.

Lebih dari setengah abad kemunculannya, wajah mobil segala medan produksi Land Rover tidak banyak mengalami perubahan. Namun, tampaknya semua itu akan berubah. Defender akan mengalami perubahan masif saat kemunculannya kembali pada 2019.


Kepastian perubahan masif itu muncul setelah situs resmi Land Rover Amerika Serikat memperlihatkan serangkaian foto tentang kendaraan baru produksi mereka itu. Rangkaian foto kendaraan legendaris asal Inggris itu tengah menjalani serangkaian uji coba melalui berbagai medan, mulai dari jalan beraspal perkotaan hingga tengah berada di jalanan becek, berlumpur di hutan, yang sepertinya ingin memperlihatkan kemampuan kendaraan serba bisa ini.

Nyaman untuk dibawa berjalan di tengah keramaian perkotaan, tetapi sekaligus tangguh ketika harus melewati jalur-jalur yang menantang di pegunungan ataupun di wilayah hutan serta perkebunan.

Di dalam situs itu belum ada pernyataan resmi dari petinggi Jaguar Land Rover tentang perubahan masif kendaraan segala medan itu. Namun, di sana dijelaskan perubahan-perubahan yang terjadi pada penampilan Defender selama ini adalah perubahan yang gradual dan evolusioner.

Namun, pada 2019 ini mereka memastikan perubahan yang terjadi pada diri Defender, Sang Legenda, adalah sebuah perubahan yang masif dan revolusioner.

Bukan hanya pada sisi eksterior, melainkan juga interior. Namun, ketangguhan dan kecakapan Sang Legenda ini sebagai kendaraan yang mampu melahap semua medan tetap tidak akan berubah.

Hilangnya ”signature grill”
Land Rover akan merevolusi produk legendaris mereka, Land Rover Defender. Perubahan signifikan ada pada bagian eksterior, khususnya bonet dan buritan. Defender anyar ini akan diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun depan.

Yang terlihat paling kentara perubahannya pada bagian bonet. Bagian inilah yang perubahannya paling masif dengan menghilangnya signature grill, gril vertikal legendaris yang telah bertahan lebih dari tujuh dekade.

Apabila melihat bonet yang terdapat di dalam foto-foto itu, bonet pada Defender 2019 memiliki kecenderungan dengan bonet milik Discovery generasi ke-4. Cenderung lebar dengan sudut-sudut lampu yang lebih menyempit walau tidak sesempit Range Rover Velar. Namun, tidak juga selebar Discovery.

Begitu juga dengan buritan. Desain terbaru memperlihatkan bagian buritan Defender 2019 mirip dengan buritan Discovery yang papak, cenderung tegak lurus. Berbeda dengan Range Rover Sport atau Velar yang memiliki kecenderungan berbentuk cembung.

Land Rover akan mengubah secara drastis penampilan produk legendaris mereka, Land Rover Defender. Defender yang akan diluncurkan pada 2019 tidak akan sama dengan produk Defender terakhir mereka (kanan).

Selain perubahan buritan yang cenderung menjadi lebih vertikal, perubahan lain yang revolusioner adalah penempatan ban cadangan pada pintu belakang.

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menempatkan ban cadangan sebagai bagian dari interior (diletakkan di bawah kabin belakang), Defender 2019 menggantungkan ban cadangan pada pintu belakang.

Penempatan ban cadangan seperti ini mengingatkan pada mobil konsep Land Rover DC 100 yang pernah ditampilkan pada pameran otomotif Frankfurt Motor Show 2011. DC 100, yang dirancang oleh Direktur Desain Land Rover Gerry McGovern, saat itu adalah mobil konsep untuk segala medan dengan basis short wheel-base (SWB).

Bagaimana dengan desain pada bagian dalam? Sejauh ini belum ada bocoran foto ataupun informasi mengenai desain baru kabin Defender 2019 ini. Tetapi, kemungkinan besar desainnya akan mengikuti desain unggulan Land Rover yang sudah disematkan pada produksi Range Rover Velar, Land Rover Discovery, dan Discovery Sport.

Desain premium, mewah, tetapi juga fungsional sesuai dengan kemampuan yang dimiliki produk Land Rover sebagai produk otomotif penjelajah segala medan.

Menurut rencana, Defender anyar ini akan diperkenalkan pada pertengahan 2019 dan mulai diproduksi pada 2020. Para penggemar di Amerika Serikat tampaknya akan menjadi sasaran pertama penjualan Defender anyar ini.

Bagaimana dengan pengenalan produk ini kepada penggemar di Indonesia? Tampaknya penggemar fanatik Defender harus menunggu agak lama untuk bisa melihat kendaraan legendaris ini menyusur jalanan. (MAHDI MUHAMMAD)

Sumber: Kompas, 3 Januari 2019

No comments:

Post a Comment