Tuesday, May 15, 2018

Daihatsu Hadirkan Sirion Generasi Ketiga di Tanah Air


DOK PT ASTRA DAIHATSU MOTOR--All New Daihatsu Sirion diluncurkan di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (13/2).

Konsumen mobil di Tanah Air mendapat pilihan lebih banyak di segmen mobil kota alias city car. Hari Selasa (13/2) siang, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara resmi meluncurkan All New Daihatsu Sirion yang akan menjadi andalannya di pasar mobil urban ini.

Sirion generasi ketiga ini mengusung berbagai fitur keamanan dan kenyamanan yang lebih lengkap dibanding pendahulunya. “Kami berharap dengan diluncurkannya All New Sirion ini, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan kendaraan city car yang cocok untuk menunjang berbagai aktifitas, terutama bagi mereka yang berjiwa muda dengan mobilitas tinggi di perkotaan,” ujar Sudirman MR, Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), seperti dikutip dalam siaran pers resmi PT ADM, Selasa.


Daihatsu Sirion pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada April 2007. Generasi keduanya diluncurkan pada Juli 2011, dan terakhir mengalami perubahan minor pada Februari 2015 atau tiga tahun lalu.

Dibanding generasi sebelumnya, Sirion baru ini terlihat lebih bergaya, terutama dengan penerapan garis-garis desain yang membuatnya makin mirip mobil hatchback. Pada generasi pertama dan kedua, bentuk Sirion lebih menyerupai sebuah mini-MPV daripada mobil hatchback.

Selain itu, dimensinya juga sudah menyerupai mobil-mobil hatchback populer yang selama ini merajai pasar Tanah Air. Sirion baru ini memiliki panjang 3.895 milimeter (mm), lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.525 mm. Bandingkan dengan Mazda2 generasi sebelum Skyactiv yang memiliki dimensi panjang 3.895 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.475 mm.

DOK PT ASTRA DAIHATSU MOTOR--Manajemen top PT ADM, dari kiri: Tetsuo Miura, Senior Director ADM; Sudirman MR, Vice President Director ADM; dan Supranoto, Deputy Chief Executive Astra International-Daihatsu Sales Operation, dalam peluncuran All New Daihatsu Sirion di Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (13/2).

Sirion baru ini semakin menggoda dengan limpahan fitur keamanan dan kenyamanan, seperti lampu depan dan belakang yang sudah mengadopsi teknologi LED. Kemudian pemasangan veleg alloy 15 inci yang dibalut ban ukuran 185/55 R15 menambah kesan dinamis.

Di balik kap mesin, terpasang mesin tipe 1NR-VE 1.3 liter (1.329 cc) 4 silinder DOHC dengan Dual VVT-i. Mesin ini menelurkan tenaga maksimum 95 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm.

Mobil juga sudah dilengkapi sistem pengereman antimengunci (antilock braking system/ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), dan sistem kendali stabilitas aktif alias vehicle stability control (VSC). Di dalam kabin, mobil juga sudah dipasangi kantung udara pengaman di empat titik serta lampu peringatan sabuk keselamatan.

DOK PT ASTRA DAIHATSU MOTOR--Interior All New Daihatsu Sirion.

Pengemudi mobil ini dimanjakan dengan sistem key free system dan menyalakan mobil tanpa kunci alias dengan tombol Start/Stop. Parkir juga lebih mudah dan aman dengan adanya kamera parkir yang ditayangkan di layar sentuh 2-Din di tengah dasbor. Selain itu, kontrol volume audio juga bisa dilakukan di roda kemudi.

Sirion baru dilepas ke pasar dengan lima pilihan warna, yakni Lava Red (merah), Icy White (putih), Mystical Purple (ungu), Glittering Silver (perak), dan Peppermint Green (hijau). Mobil ini dibanderol Rp 182,5 juta untuk transmisi manual dan Rp 193,5 juta untuk transmisi otomatis 4 percepatan. (DHF)

DOK PT ASTRA DAIHATSU MOTOR--Bagian buritan All New Daihatsu Sirion.

DAHONO FITRIANTO

Sumber: Kompas, 13 Februari 2018

No comments:

Post a Comment