Friday, April 13, 2018

Test Drive Wuling Confero S: Fitur Melimpah di MPV Murah


Wuling Confero S saat media test drive di Pulau Bali, 11-13 Oktober 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

Kesempatan untuk menjajal mobil Wuling Confero S yang diluncurkan pada 2 Agustus 2017 akhirnya tiba. Sebanyak 21 jurnalis media cetak maupun online, termasuk Tempo, menggeber 6 unit Wuling Confer S di Pulau Bali pada 11-13 Oktober 2017.

Ke-6 unit Confero S itu terdiri dari 3 unit trim paling tinggi yakni Confero S 1.5L Lux+, 1 unit Confero S 1.5L Lux dan 2 unit trim menengah Confero S 1.5C Lux+. Adapun imbuhan Lux+ ini mengartikan varian Confero S dengan konfigurasi kabin captain seat. Sedangkan, huruf C dan L memiliki definisi ‘Comfort’  dan ‘Luxury’.


Berkenaan dengan label harga yang dikenakan untuk 3 (tiga) varian di atas yakni serta Rp 165,9 juta (L Lux+), Rp 164,9 juta (L Lux), dan Rp 153,9 juta (C Lux+). Sedangkan Confero model lainnya dijual dengan harga Rp 128,8 juta (Confero 1.5), Rp 150,9 juta (Confero S 1.5C), dan Rp 152,9 juta (Confero S 1.5C dengan jok semi kulit). Harga tersebut berlaku untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Seluruh model ditawarkan dalam satu pilihan transmisi yakni manual 5 percepatan.

Kesan pertama menjajal mobil ini adalah menyajikan kenyamanan yang baik untuk mobil di kelas Low MPV. Ruang kabin luas, bagasi lapang, dengan suspensi yang memang didesain sedikit lebih keras untuk menjaga kestabilan saat berkendara.

BrandManagerWulingMotorsDianAsmahani mengatakan bahwa mobil WulingConfero S dirancang untuk menghadirkankenyamanan dan keamanan ekstra, baik bagi pengemudimapunpenumpang. "Kami memiliki komitmen tinggi dalam menghadirkanprodukberkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia," kata Dian di sela-sela WulingConfero S MediaTestDrive di Ubud, Bali, Rabu, 11 Oktober 2017.

Product Planning Specialist Wuling Motors Arief Ramadhi menjelaskan Wuling Confero S didesain sebagai mobil keluarga yang nyaman. "Mobil ini memiliki dua pilihan kapasitas tempat duduk, yakni 7 penumang (captain seat) dan 8 penumpang," ujarnya.

Soal kelapangan kabin, lanjut Arief, Wuling didesain memiliki ruang kabin yang lapang. Hal ini dapat dilihat dari ukuran panjang (total) yang mencapai 4,5 meter. "Meskipun berisi penuh (penumpang) ruang bagasi belakang masih cukup untuk menampung banyak banyak, termasuk koper berukuran sedang, tas, dan sebagainya," tuturnya.

Sebagai mobil keluarga, Wuling Confero S dilengkapi dengan banyak kompartemen yang dapat digunakan untuk menyimpan botol minuman, makanan kecil, dokumen, dan sebagainya.
Wuling Confero S model captain seat menawarkan ruang kabin yang luas. TEMPO/Wawan Priyanto.

Menariknya, Confero dilengkapi dengan tiga buah soket USB yang terletak di bagian depan, kursi baris kedua, dan kursi baris ketiga. Tempo merasakan soket USB ini memiliki cukup banyak manfaat, paling tidak, mampu menjaga gadget tetap menyala meskipun berkendara sepanjang hari. Soket ini juga dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai kamera, hingga untuk memutar musik favorit yang disimpan di dalam USB.

Nilai lebih yang diunggulan dari mobil ini adalah LCD berukuran 8 inci di tengah dashboard. LCD layar sentuh ini menampilkan beragam informasi penting, mulai dari sarana hiburan, hingga untuk memonitor parkir yang dihasilkan dari kamera video parkir di bagian belakang. LCD ini juga dapat terkoneksi dengan layar smartphone berkat fitur mirroing. Kemudahan lain yang dapat dinikmati pengemudi adalah, kontrol audio di sisi kiri setir.

Wuling Confero S yang bermain di segmen Low Multi Purpose Vehicle bersama Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan pendatang baru Mitsubishi Xpander ditawarkan dengan harga paling murah. Mulai dari Rp 128,8 juta, hingga paling mahal 165,9 juta.

Meski berharga jauh di bawah harga paling murah dari kompetitor (mobil kompetitor paling murah mulai Rp 186 juta), Confero S dibekali beragam teknologi atau fitur yang umumnya terdapat di mobil mewah.

Di antaranya adalah fitur untuk mengetahui tekanan ban (tire pressure monitoring system), leveling headlamp, speedometer dengan MID, hingga membuka kaca jendela depan dan belakang melalu remote dari kunci. Lampu depan juga dapat menyala selama 30 detik setelah mesin dimatikan untuk memberikan penerangan saat mobil di dalam garasi atau ketika parkir di tempat gelap.

Wuling Confero S dibekali mesin berkapasitas 1.500cc yang dapat menghasilkan tenaga 107 Hp pada 5.800 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.800-4.400 rpm. Tenaga mesin ini disalurkan ke roda penggerak belakang melalui transmisi manual 5-kecepatan. Mesin ini cukup responsif untuk menaklukkan jalanan mulus di Bali.

Reporter: Wawan Priyanto
Editor: Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Denpasar - Rabu, 11 Oktober 2017
-------------------
Test Drive Wuling Confero S di Bali

Akhirnya Mobil123.com berkesempatan mencoba impresi dari Wuling Confero S dan ragam kondisi jalan di Pulau Dewata Bali.

Sebelum berbicara lebih lanjut, ada baiknya kita sedikit me-refresh ingatan kita seputar wuling. Dan menarik jika kita benar-benar mencermatinya secara seksama di bawah cerahnya sinar matahari Bali siang hari ini (11/10/2017).

Wuling Confero S sendiri yang merupakan small atau low MPV yang memiliki tampilan up to date. Jadi meski ditawarkan dengan harga yang paling terjangkau di kelasnya, tampilan mobil ini tidak bisa serta merta dibilang murahan.

Secara umum memiliki proporsi bodi yang unik karena ada sedikit tidak seimbang antara panjang, lebar dan tingginya. Wuling Confero S tampak sedikit jangkung namun memiliki lebar bodi yang slim.

Namun seiring putaran waktu, lama kelamaan perasaan dapat berkolaborasi apik dengan masukan dari pandangan mata. Wuling Confero tampak menarik, bak seorang model muda yang agak semampai.

Dari sisi tampilan, Wuling Confero S memiliki desain bonnet cukup modern dan sporty. Anda bisa melihat paduan antara grille, bumper plus lampu projektor dan LED DRL. Dan tak lupa sepasang garis pada kap mesin yang membuat bagian tersebut menyembul dari permukaan mempertegas tampilan.

Beralih ke bagian samping, terdapat garis melintang dari depan ke belakang bak membelah bodi. Garis yang masih selaras dengan bonnet tampak memisahkan nyaris 50:50 antara kaca dan plat bodi. Hal ini membuat bagian kaca terhitung cukup besar dan erat kaitannya dengan visibilitas tak hanya pengemudi tapi juga penumpang.

Hal senada juga tembus ke bagian belakang atau buritan. Kaca belakang plus pintu bagasi mendominasi tiap jengkalnya. Tampak beberapa aksen yang mampu menggenapi desain Wuling Confero S secara keseluruhan seperti di reflektor yang menyatu dengan rear foglamp LED. Lainnya adalah aksen hitam pada bagian bawah yang menegaskan bahwa mobil ini memiliki ground clearence yang cukup tinggi.

Terakhir, sebagai pelengkap tampilan Wuling Confero S dilengkapi dengan lingkar roda berdesain sporty dengan warna kombinasi. Sayangnya ukuran ban yang digunakan 195/60 R15 tampak kurang lebar, jika saja Anda menggantinya dengan ukuran minimal 205 tentu MPV murah China ini bakal lebih berkarater.

Lalu apa kelebihan dari salah satu kompetitor baru dari sang raja kelas small MPV Toyota Avanza? Nantikan ulasan seputar interior serta mesin dan performa sebentar lagi. [Ari/Ikh]

No comments:

Post a Comment