Monday, September 7, 2020

New Hilux, Andalan Baru Toyota Mendorong Penjualan 600 Unit Per Bulan


ARSIP PT TOYOTA ASTRA MOTOR--New Hilux resmi diluncurkan di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Toyota Hilux, kendaraan komersial dan pemenang di ajang Dakar Rally, New Hilux merupakan kendaraan komersial dengan wajah modern dan berkelas kini memberikan penyegaran terbarunya di masa pandemi COVID-19.

Setelah menghadirkan tiga produk kendaraan penumpang di bulan Agustus, kali ini PT Toyota-Astra Motor menggebrak pasar otomotif dengan menghadirkan produk komersial, New Hilux. Dengan percaya diri, penjualan New Hilux bisa meningkatkan penjualan, dari rata-rata 400 unit selama masa pandemi ke rata-rata penjualan 600 unit per bulan.

Tidaklah mudah menghadapi pasar di masa pandemi. Terlebih, kontribusi penjualan kendaraan komersial naik begitu tipis.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy dalam konferensi pers virtual peluncuran Toyota New Hilux di Jakarta, Kamis (27/8/2020), mengatakan, “Target penjualan New Hilux dalam waktu yang tersisa, Agustus-Desember 2020 rata-rata sebesar 600 unit per bulan. Jumlah ini diharapkan bisa naik dibandingkan penjualan yang terjadi selama Januari-Juli yang hanya mencapai rata-rata 400 unit per bulan.”

Berdasarkan data TAM, penjualan ritel kendaraan komersial dalam tiga tahun belakangan ini rata-rata 22-24 persen. Tahun 2019, penjualan kendaraan komersial sebesar 23,8 persen. Uniknya, kontribusi penjualan kendaraan komersial yang dibayang-bayangi masa pandemi (Januari-Juli) 2020 sudah mencapai 24,8 persen atau sudah naik tipis.

Anton menyebutkan, posisi lima pengguna terbesar kendaraan komersial, seperti New Hilux baik single cabin maupun double cabin, yang pertama adalah sektor pertambangan, disusul manufacturing, agrikultur, konstruksi dan perdagangan. Penjualan secara wholesales kendaraan komersial Toyota Hilux tahun 2019 mencapai sekitar 8.000 unit.

Sementara, penjualan dalam tujuh bulan belakangan ini baru mencapai 2.400 unit. Dari jumlah tersebut, permintaan model double cabine mencapai 60 persen, sedangkan sisanya varian single cabine. Penurunan itu tidak dapat dimungkiri terjadi, karena bulan Maret hingga Juni mengalami penurunan drastis, rata-rata 300 unit per bulan. Bahkan, penjualan terburuk terjadi pada bulan Mei yang mencapai sekitar 250 unit.

ARSIP PT TOYOTA ASTRA MOTOR--Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (kedua dari kanan) didampingi Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (kedua dari kiri), Direktur Marketing TAM Anton Jimmi Suwandy (kiri) dan Kazunori Minamide (kanan) di depan New Hilux varian D-CAB dan S-CAB, pada peluncuran kendaaran komersial terbaru Toyota tersebut di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Kondisi yang penuh tantangan akibat pandemi Covid-19 tidak mengurangi upaya PT Toyota-Astra Motor untuk terus dapat mendukung mobilitas. Salah satunya dilakukan melalui improvement dan penyegaran produk. Kendaraan jenis pick-up yang memiliki DNA sebagai kendaraan komersial tangguh untuk segala kebutuhan bisnis, kini tampil memiliki style design yang lebih kokoh, gagah, dan dinamis khas mobil perkotaan.

Presiden Direktur TAM Susumu Matsuda mengatakan, “New Hilux merupakan implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond. Salah satu usaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masa adaptasi New Normal adalah dengan mengoptimalkan mobilitas yang tidak hanya fokus pada individu, tetapi juga dukungan bagi dunia usaha agar roda ekonomi tetap berputar.”

Menurut Matsuda, New Hilux dengan pengalaman panjang sebagai kendaraan komersial dan pemenang di ajang Dakar Rally merupakan kendaraan komersial dengan wajah modern dan berkelas. Kendaraan ini pun dirancang memiliki kemampuan terbaik untuk mendukung mobilitas bisnis.

Hilux adalah produk global Toyota yang dipasarkan di berbagai negara. Jika dirunut dalam sejarahnya, generasi pertama Hilux diluncurkan pada tahun 1968. Hingga kini, total penjualan sampai generasi ke-8 sudah mencapai sekitar 19 juta unit. Sementara di Indonesia, kendaraan komersial Toyota ini juga memegang peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Hilux pernah menjadi salah satu pilihan kendaraan masyarakat Indonesia di kurun waktu tahun 1977-1979.

Tahun 2006, Hilux kembali masuk ke Indonesia dan berhasil menarik perhatian. Kemudian, menjadi bagian dari Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) project dan hingga kini secara wholesales angka penjualannya sudah mencapai 116.428 unit. Hilux yang dikenal tangguh dan punya daya tahan tinggi di segala medan, baik aspal mulus maupun off-road, menjadi pilihan utama pengusaha di berbagai bidang diantaranya pertambangan, perkebunan, manufaktur, dan logistik.


ARSIP PT TOYOTA ASTRA MOTOR--Interior New Hiluxyang diluncurkan pada Kamis (27/8/2020).

Di lain sisi, Hilux juga disukai konsumen private berkat tampilan memikat, pilihan model beragam, mulai dari double cabin atau single cabin, 4x2 atau 4x4, sehingga pelanggan memiliki opsi beragam yang bisa menyesuaikan kebutuhan. Untuk memperkuat daya pikatnya di mata pengguna pribadi dan pebisnis, Toyota memperkenalkan Hilux terbaru yang merupakan facelift dari generasi ke-8 global yang pertama hadir di Indonesia tahun 2015.

Penyegaran

Sentuhan penyegaran pada model D-Cab terlihat pada aplikasi grille trapezoidal tebal yang begitu mendominasi wajahnya sehingga menciptakan penampilan yang gagah dan penuh tenaga. Desain bertema 3 dimensi begitu menonjol di bagian bumper depan dengan profil lekukan yang terlihat attractive dan membuatnya selalu tampil terdepan di kelasnya.

Untuk Hilux D-Cab tipe V sebagai flagship telah mengadopsi lampu depan LED dengan pola desain futuristis dan dilengkapi auto leveling untuk meningkatkan visibilitas. Selain itu, tipe G dan V telah disematkan foglamp LED disertai rumah lampu berkelir hitam yang ramah energi dan punya daya tahan tinggi. Termasuk penggunaan velg alloy 17 inchi berwarna abu-abu gelap untuk menampilkan kesan tangguh dan berwibawa. Semakin terdepan di kelasnya berkat desain lampu belakang berpola 3 dimensi bermodalkan profil kokoh dan unik di tipe V.

Di bagian interior, penyegaran langsung terdeteksi pada desain head unit, dimana tipe E mengandalkan flat design 2 DIN capacitive screen yang bisa memainkan radio, CD, USB, dan AUX-IN. Tipe G memanfaatkan model serupa dengan tambahan fitur Bluetooth. Sementara tipe V menggunakan monitor 7 inchi yang bisa memainkan DVD, radio, USB, AUX-IN, dan Bluetooth.

Masih dari area dashboard, tipe G dan V mengadopsi panel instrumen baru yang memberi kesan premium dan tangguh. Kedua model memperoleh MID 4,2 inchi TFT untuk menyajikan informasi lebih baik, serta dilengkapi indikator ECO untuk melihat karakter berkendara dan animasi saat mesin baru dinyalakan. Untuk menambah fungsionalitas, tersedia koneksi listrik via lighter di tengah dashboard sisi penumpang, serta assist grip di atas pintu pengemudi guna memudahkan akses keluar dan masuk di seluruh tipe D-Cab. Sementara untuk semua tipe S-Cab dan D-Cab dilengkapi dengan overhead console box dan illuminated entry.

ARSIP PT TOYOTA ASTRA MOTOR----Interior New Hilux yang diluncurkan pada Kamis (27/8/2020).

“Di tengah situasi pandemi seperti saat ini, kami berharap kehadiran New Hilux dapat memberikan kontribusi positif pada industri otomotif nasional. Apalagi saat ini Hilux tidak hanya dipakai sebagai armada bisnis, tapi juga dimanfaatkan sebagai moda transportasi warga perkotaan yang tidak hanya membutuhkan fungsi, tapi juga style memikat, performa unggul, dan kenyamanan kabin terbaik, di samping tetap mengedepankan kelebihan di sektor purnajual yang menjadi salah satu kunci kepuasan pelanggan,” kata Vice President Director TAM Henry Tanoto.

New Hilux memperoleh pengembangan spesifikasi di beberapa bagian untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Pada New Hilux S-Cab 4x4 dan seluruh D-Cab mendapatkan setting ulang pada sistem suspensi untuk menciptakan keseimbangan antara kenyamanan dan respons kemudi yang memadai, menjamin kemampuan di medan off-road, dan meredam goncangan yang timbul dengan lebih baik. Susunan per daun (leaf spring) dirancang kembali sehingga terasa nyaman bahkan di jalanan rusak sekalipun dan membuat mobil tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah jalur.

Variable Flow Control Power Steering pada D-Cab tipe G dan V bertugas mengendalikan kinerja pompa power steering berdasarkan kondisi berkendara untuk mencapai feeling mengemudi yang sesuai dengan kecepatan mobil. Perubahan ini membuat kemudi New Hilux terasa ringan ketika diputar dan mengurangi konsumsi bensin.


ARSIP PT TOYOTA ASTRA MOTOR----New Hilux

New Hilux tipe S-Cab Diesel, 4x4, dan seluruh D-Cab mengandalkan mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm. Demi mendukung kinerja mesin powerful tersebut, transmisi otomatis 6-speed disematkan pada D-Cab tipe V. Sentuhan berikutnya diberikan melalui penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat dan berujung pada fuel efficiency yang lebih baik.

D-Cab tipe G dan V telah dilengkapi fitur Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal sebagai fitur safety untuk memberikan perlindungan terbaik pada penumpang. Sementara fitur immobilizer untuk mencegah pencurian tersedia di semua model New Hilux.

“Dengan berbagai improvement dan peningkatan baik eksterior maupun interior serta fitur keamanan yang kian lengkap membuat performa Hilux meningkat secara keseluruhan. Sebagai kendaraan komersial, Hilux sangat cocok untuk mendukung mobilitas berbagai bidang usaha dan menjanjikan solusi terbaik bagi pelanggan,” kata Anton.

Anton mengakui, semakin maraknya kompetitor yang masuk ke segmen komersial. Hal itu tidak akan membuat Toyota goyah, melainkan terus berupaya melakukan berbagai penyegaran, termasuk menerima masukan-masukan dari berbagai pelanggannya. Lagi pula, banyaknya pemain segmen komersial membuat stimulus tersendiri bagi konsumen untuk memiliki semakin banyak alternatif pilihan.


---ARSIP PT TOYOTA ASTRA MOTOR

Dakar Rally

Dakar Rally merupakan salah satu rally terberat di dunia dan amat terkenal dengan balap di gurun, lumpur, hingga pegunungan. Mengemudi lebih dari 800 km per harinya, pengemudi dan kendaraannya harus mampu menghadapi tantangan sekuat tenaga untuk menempuh balapan sepanjang 5.000 km dalam kurun waktu kurang dari dua minggu.

Membuktikan DNA sebagai kendaraan yang tangguh di berbagai medan, Tim Hilux telah menyelesaikan Dakar Rally ini sejak 2012 dan secara konsisten selalu berada di 10 besar super production. Bahkan, di tahun 2019 berhasil membukukan kemenangan bersejarah di Dakar Rally yang ke-41.

Oleh  STEFANUS OSA TRIYATNA

Editor:MARIA SUSY BERINDRA

Sumber: Kompas, 27 Agustus 2020

No comments:

Post a Comment