Friday, August 28, 2020

Impresi Empat Jam Pertama Menjajal Corolla Cross


KOMPAS/WAWAN H PRABOWO--Mobil All New Toyota Corolla Cross dengan mesin 1.800 cc Dual VVT-i dan Teknologi Hybrid dipotret di kawasan BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (7/8/2020).

Tren mobil model SUV makin tak terbendung. Bahkan Toyota Corolla, sedan legendaris Toyota itu, kini diproduksi versi SUV-nya. Ini lah kencan pertama Kompas dengan Toyota Corolla Cross.

 

Sehari setelah diluncurkan, All New Toyota Corolla Cross sudah mengaspal. Tak lagi di tempat tertutup penuh kerahasiaan, tetapi sudah bisa dijajaki di berbagai medan jalan. Walau dalam waktu sangat terbatas.

Hentikan sejenak bayangan Toyota Corolla sebagai mobil sedan. Mobil legendaris Toyota ini telah hadir dalam kemasan yang tengah sangat populer, crossover SUV.

Kompas mendapat kesempatan kencan perdana dengan mobil baru ini di kawasan Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (7/8/2020) sekitar pukul 10.00. Sejak awal sudah diingatkan, waktu yang tersedia hanya empat jam karena Corolla Cross ini juga akan diuji oleh jajaran direksi PT Toyota Astra Motor.

Tanpa menyia-nyiakan waktu setelah duduk di kursi kemudi yang sudah dirancang sporty, atau sering disebut semi bucket seat, tombol start segera ditekan. Dari dua varian penggerak yang diluncurkan ke Indonesia, hari itu Kompas berkenalan dengan varian Corolla Cross HEV (Hybrid Electric Vehicle).

Wajar jika tak terdengar suara mesin saat tombol start ditekan, karena akselerasi pertama dari posisi diam mobil hybrid selalu diawali mode listrik murni. All New Corolla Cross HEV menjadi produk ke-7 dalam keluarga Toyota di Indonesia yang menggunakan teknologi elektrifikasi.


KOMPAS/WAWAN H PRABOWO--Pelek berukuran 18 inci dibalut ban Michelin berukuran 225/50 pada mobil All New Toyota Corolla Cross dengan mesin 1.800 cc Dual VVT-i dan Teknologi Hybrid dipotret di kawasan BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (7/8/2020). Kompas/Wawan H Prabowo

Sebagaimana kinerja hybrid khas Toyota yang banyak digunakan di dunia saat ini, bahan bakar bensin tetap diperlukan untuk menggerakkan mesin 4 silinder DOHC berkapasitas 1.8 liter (1.798 cc). Tentu, semburan bensin hanya bekerja saat mobil butuh tenaga lebih atau akselerasi.

Itu yang terjadi saat Kompas menggeber mobil ini selepas persimpangan Astra BSD menuju jalanan beraspal “sirkuit” Sinar Mas Land. Lembar spesifikasi menyebutkan, mesin bensin mobil ini menghasilkan tenaga maksimum 98 PS dan torsi 142 Nm. Sementara, motor listriknya mampu menghasilkan tenaga maksimum 72 PS dan torsi sebesar 163 Nm.

Tenaga mobil disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT (continuously variable transmission). Penyaluran tenaga dan pengendalian mobil berdimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm ini cukup nyaman.


KOMPAS/WAWAN H PRABOWO--Mobil All New Toyota Corolla Cross dengan mesin 1.800 cc Dual VVT-i dan Teknologi Hybrid dipotret di kawasan BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (7/8/2020). Kompas/Wawan H Prabowo

SUV urban

Sebagai mobil dengan konsep SUV urban, tidak ada salahnya diuji di jalan bergelombang. Kebetulan sekali, ada jalan tanah bergelombang yang cukup bisa mewakili untuk menguji titel “cross” mobil ini. Tanpa pikir panjang lagi, mobil pun kami bawa masuk ke area alang-alang kering.

Perjalanan mobil di medan tanah dan tanah liat bergelombang ini tanpa kendala. Ground clearance sebesar 165 mm terbukti sudah cukup aman untuk melibas jalan non-aspal seperti ini.

Goncangan saat mengemudi terminimalkan, karena platform TNGA-C yang menjadi dasar pengembangan mobil ini dirancang memiliki kekakuan (rigidity) bodi yang tinggi. Sistem suspensi juga memberikan peredaman yang terasa empuk dan nyaman.


KOMPAS/WAWAN H PRABOWO--Tampilan ragam informasi (MID) dibalik lingkar kemudi pada mobil All New Toyota Corolla Cross dengan mesin 1.800 cc Dual VVT-i dan Teknologi Hybrid dipotret di kawasan BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (7/8/2020). Kompas/Wawan H Prabowo

Beranjak ke dalam kabin, interior Corolla Cross terlihat sederhana. Hampir tak berbeda dengan interior sedan Corolla Altis, nuansa klasik dengan dominasi warna hitam begitu kental. Yang membedakan, antara lain atap kaca moonroof di atas kursi depan yang dapat dibuka secara elektrik.

Fungsionalitas head unit juga menjadi fokus yang dikedepankan oleh Toyota. Bukan hanya kenyamanan yang disematkan dalam fitur-fitur yang bisa memberikan hiburan, tetapi juga ada satu fitur yang bikin memudahkan pengemudi, yakni fitur deteksi saldo uang elektronik. Fitur yang menggunakan teknologi NFC (near field communication) ini baru bisa membaca sisa saldo pada kartu uang elektronik kita, belum berfungsi melakukan pengisian ulang saldonya.


KOMPAS/WAWAN H PRABOWO--Bukaan pintu bagasi belakang otomatis yang dimiliki mobil All New Toyota Corolla Cross dengan mesin 1.800 cc Dual VVT-i dan Teknologi Hybrid dipotret di kawasan BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (7/8/2020). Kompas/Wawan H Prabowo

Penyejuk udara juga sudah menggunakan dua zona di bagian depan. Penumpang di kursi belakang juga bisa menikmati embusan AC dari kisi-kisi AC di belakang konsol tengah.


Pintu bagasi Corolla Cross juga sudah bisa dibuka-tutup secara otomatis dengan menggunakan sensor kaki yang terletak di bawah bumper belakang. Selain itu, pintu bagasi juga bisa dibuka-tutup dengan kunci smart entry.

Duduk di kursi belakang terasa masih cukup nyaman dan lega, berkat jarak antar poros roda (wheelbase) yang mencapai 2.640 mm. Ditambah lagi, volume bagasi luas dengan ketinggian lantai yang pas, bikin barang-barang mudah diletakkan di bagasi.


KOMPAS/WAWAN H PRABOWO--Mobil All New Toyota Corolla Cross dengan mesin 1.800 cc Dual VVT-i dan Teknologi Hybrid dipotret di kawasan BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (7/8/2020).

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, “Nama Corolla sudah punya image kuat di Indonesia maupun dunia. Seiring dengan tren SUV sekarang ini, rasanya memang sudah saatnya ada Corolla Cross sebagai urban SUV.”

Tak terasa, empat jam pun berlalu. Saat pertumbuhan penjualan SUV meningkat, tidaklah mudah merebut hati pasar otomotif Indonesia. Terlebih, kini semakin banyak alternatif pilihan. Tidak hanya dari Jepang dan Eropa, produk China yang berlimpah fitur pun tak kalah menarik.


KOMPAS/WAWAN H PRABOWO--Lampu Belakang mobil All New Toyota Corolla Cross dengan mesin 1.800 cc Dual VVT-i dan Teknologi Hybrid dipotret di kawasan BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (7/8/2020). Kompas/Wawan H Prabowo

Oleh  STEFANUS OSA TRIYATNA

Editor:DAHONO FITRIANTO

Sumber: kompas, 27 Agustus 2020

No comments:

Post a Comment