Monday, May 6, 2019

Kesegaran Karakter Sporty HONDA BR-V Kian Menantang


New Honda BR-VJAKARTA, KOMPAS – Lama tak terdengar, satu langkah kecil mengubah polesan terbaru Honda BR-V Prestige menyegarkan karakter sporty. Kekuatan warna hijau yang semula dijadikan andalan saat gebrakan perdana terdahulu, diubah total dengan dua warna penyegaran yang lebih menonjolkan sifat elegannya.

Ini adalah pilihan! Konsep desain terbarunya disebut Brave New Worlds. Tentu masih ingat, ketika kemunculan Honda BR-V dengan warna hijau, yang disebut Misty Green Pearl, pertama kalinya pada tahun 2015, PT Honda Prospect Motor yang menempatkan basis produksinya di Karawang, Jawa Barat, menggambarkan begitu kuat karakter kendaraan kelas low sport utility vehicle (LSUV) ini. Berlatar belakang pepohonan, bongkahan batu seakan sedang digilas sedikit menanjak oleh Honda BR-V.


“Macho”, begitu kesan kuat yang digambarkan saat itu di tengah sebagian pecinta otomotif, terutama para loyalis Honda, menyambut kehadiran Honda BR-V. Sekilas, BR-V memang dikesankan sebagai model lain dari Honda Mobilio.

Tak dapat dimungkiri, kehadiran LSUV ini sedikit “mengobati” persepsi fanatis Honda setelah kehadiran Mobilio yang lebih fokus pada model low multipurpose vehicle. Terlebih, perjalanan waktu menunjukkan bahwa Mobilio terpilih sebagai kendaraan yang layak dijadikan pilihan sebagai transportasi publik.

KOMPAS/STEFANUS OSA--New Honda BR-V menjadi salah satu icon low SUV yang dihadirkan Honda di Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, 25 April-5 Mei 2019.

Ajang pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 yang berlangsung selama 10 hari hari (25 April-5 Mei 2019) dijadikan kesempatan untuk memperkenalkan New Honda BR-V pertama kalinya. Sifat elegan itu terlihat dengan ditampilkannya Honda BR-V Prestige pada sayap sebelah kiri area booth Honda.

Sebagai sentral menarik perhatian pengunjung, Honda BR-V dengan desain terbaru berwarna keemasan yang disebut Premium Amber Metallic. Sejurus ke depan dengan warna elegan ini, ditempatkanlah Honda BR-V berwarna Coffee Cherry Red Metallic. Kedua warna ini hanya terdapat pada tipe E dan Prestige, sedangkan tipe S bertransmisi manual masih pada empat pilihan warna (Tafetta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl).

KOMPAS/STEFANUS OSA--New Honda BR-V Presitige

Presiden Direktur HPM Takehiro Watanabe mengatakan, “Honda BR-V adalah salah satu produk Honda yang dikembangkan khusus untuk Indonesia dan telah membuktikan ketangguhan performa sekaligus efisiensi bahan bakarnya melalui berbagai uji coba yang dilakukan di Indonesia. Kini, BR-V tampil lebih elegan dan semakin nyaman sehingga menempatkannya di kelas tersendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen setianya.”

Fitur baru
Sentuhan kemewahan terlihat pada desain pada eksterior dan interior. Kendaraan ini diklaim sekaligus semakin nyaman berkat kehadiran fitur-fitur baru. Desain baru pada eksterior New Honda BR-V menampilkan New Black Front Grille Design, New Front Bumper Design dan New Front Under Spoiler pada bagian depan. Sementara New LED Daytime Running Light dan New Fog Lamp Garnish memberikan penerangan maksimal sekaligus menambah kesan mewah pada wajah New Honda BR-V.

Pada bagian samping, kesan SUV yang tangguh semakin kental dengan tambahan New Black Side Under Spoiler dan New 16 inchi Alloy Wheels Design. Akses masuk ke dalam New Honda BR-V juga semakin mudah dengan Smart Entry System untuk membuka atau mengunci kendaraan secara otomatis hanya dengan menekan tombol pada gagang pintu. Desain baru pada New Honda BR-V juga tampak pada bagian belakang dengan perubahan desain bumper belakang dan penambahan Rear Under Spoiler.

KOMPAS/STEFANUS OSA--Interior Honda BR-V Prestige kini mendapat sentuhan perubahan pada jok yang semakin elegan.

Di dalam kabin, New Honda BR-V tampil semakin premium dan nyaman dengan desain interior dan berbagai penambahan fitur. Balutan kulit kini hadir pada bangku, roda kemudi, tuas transmisi dan sandaran tangan di pintu. Kombinasi warna hitam dan aksen merah pada lapisan kulit memberikan nuansa elegan sekaligus sporty di dalam kabin.

Untuk menambah kenyamanan, New Honda BR-V juga telah dilengkapi dengan New Driver Seat Height Adjuster pada bangku pengemudi, serta New Center Headrest dan jok yang lebih tebal pada bangku baris kedua.

Fitur baru One Push Ignition System memberikan kemudahan menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari. Sementara itu, kenyamanan di dalam kabin semakin lengkap dengan head unit baru 8 inchi Floating Capacitive Touchscreen Display Audio yang kompatibel dengan berbagai format musik, seperti AM/FM Radio, MP3/WMA, Bluetooth, Smartphone Connection, Aux Input, dan USB Port.

KOMPAS/STEFANUS OSA--Perubahan desain sisi depan Honda BR-VKOMPAS/Stefanus Osa

Head unit pada New Honda BR-V juga dilengkapi fitur Smart Connectivity dengan Web Link yang dapat terhubung dengan gawai dan menampilkan beberapa aplikasi tertentu. Sementara itu, Tweeter Speakers baru semakin menambah kenikmatan mendengarkan musik di dalam New Honda BR-V.

New Honda BR-V masih dibekali mesin 1.5L i-VTEC yang menghasilkan tenaga maksimal 120 PS pada putaran mesin 6.600 rpm, serta torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Dengan High Ground Clearance 201 mm membuat pengendara New Honda BR-V semakin percaya diri berkendara di berbagai kondisi jalan.

Untuk keselamatan pengendara, New Honda BR-V dirancang dengan struktur rangka G-CON + ACE™ with Side Impact Beam untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan serta sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Start Assist (VSA)* untuk menjaga stabilitas kendaraan, serta Hill Start Assist (HSA)* untuk memudahkan akselerasi setelah berhenti di tanjakan. Sedangkan untuk aspek keamanan, New Honda BR-V juga didukung sistem Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System.

KOMPAS/STEFANUS OSA--Desain lampu utama Honda BR-V PrestigeKOMPAS/Stefanus Osa

Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM Jonfis Fandy mengatakan, soal warna-warna terbaru,  Honda memandang warna baru dapat memberikan nuansa yang lebih elegan. Memang, kecuali warna-warna netral, rasanya susah digantikan.

“Jadi, tidak adanya lagi warna hijau bukan karena sepi peminat selama empat tahun ini. Di Indonesia, memang warna-warna netral masih mendominasi pilihan konsumen, kecuali anak muda, seperti penggemar Brio dan Jazz yang suka warna special edition,” ujar Jonfis.

Menurut Jonfis, target awal penjualan New Honda BR-V sebanyak 500 unit per bulan. Segmen SUV masih berada pada posisi ketiga, sesudah LMPV dan LCGC. Pertumbuhannya SUV memang tidak terlalu cepat dibandingkan 3-4 tahun lalu. Ini disebabkan oleh pasar otomotif yang agak stagnan.

KOMPAS/STEFANUS OSA--Performa ketangguhan Honda BR-V terus diujiKOMPAS/Stefanus Osa

Secara ritel, kata Jonfis, Honda masih cukup baik penjualannya. Melihat pasar yang bergerak di level medium-low, Honda memilih untuk lebih memelihara pasar otomotif, terutama loyalis Honda.

Tiga segmen
Jonfis menjelaskan, secara segmen pasar, Honda membedah ke dalam tiga segmen yakni konsumen loyal, pembeli cerdas (smart buyer), dan pencari tren (trend seekers). Setelah lima tahun, Honda sadar tidak berada di posisi trend seekers, walaupun saat ada model baru, Honda akan menggenjot tren pasar itu.

Pencari tren ini cukup besar peminatnya. Saat ada model bagus, mereka akan dengan mudah membelinya. Honda kini lebih memilih masuk ke pembeli cerdas dan loyalis merek Honda. Pembeli cerdas cenderung suka membanding-bandingkan, sebelum membeli kendaraan. Mulai dari model, konsumsi bahan bakar maupun fitur-fitur yang tersedia.

“BR-V sudah masuk ke segmen pembeli cerdas. Jadi, kami harus menunjukkan sesuatu sebagai komparasinya supaya bisa menjadi pilihan konsumen,” ujar Jonfis.

Ia menambahkan, sebagai model yang sudah mapan, New Honda BR-V ditujukan bagi tipe konsumen yang lebih kritis. Tidak hanya mementingkan kebaruan dan desain, tetapi juga kenyamanan, performa, efisiensi bahan bakar, biaya operasional hingga nilai jual kembali yang baik. Sementara itu, berbagai perubahan desain serta penambahan fitur pada New Honda BR-V juga dipercaya memberikan nilai lebih bagi konsumen.

KOMPAS/STEFANUS OSA--Honda BR-V yang asyik dibawa kemana-mana

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, Honda BR-V telah meraih 12 penghargaan dari berbagai media otomotif di Indonesia, diantaranya OTOMOTIF Award 2017, OTOMOTIF Award 2016, dan ASEAN Car of The Year 2016.

New Honda BR-V tersedia dalam 4 varian, yaitu Prestige CVT, Tipe E bertransmisi CVT dan 6 M/T, serta type S dengan transmisi manual 6 percepatan. Selain itu, New Honda BR-V tersedia dalam 6 warna, yaitu Premium Amber Metallic, Coffee Cherry Red Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, dan Taffeta White.

Menguji ketangguhan
Tepat dua tahun lalu, Kompas sempat mengikuti uji kendaraan Honda BR-V dengan menjelajah pesisir pantai selatan Yogyakarta.  Jalan berliku dan menanjak, sesekali menikung tajam, sama-sama tetap menjadi santapan dalam sebuah test drive. Kenyamanan atas kerja air suspension yang sempurna pun bisa bikin penumpang terpulas dalam tidur. Sebetulnya, gambaran uji kendaraan itu sudah terekam dengan jelas sewaktu Kompas pun menjajal Honda BR-V di Pulau Dewata Bali, Januari 2016.

KOMPAS/STEFANUS OSA--Konsistensi performa Honda BR-V dirancang untuk jalan berbatuKOMPAS/Stefanus Osa

Tentulah, perjalanan kali ini bukanlah sekadar uji mengendara atau test drive layaknya sebuah produk baru pasca diluncurkan ke publik. Penjelajahan ini serupa mengingatkan kembali tentang eksistensi ketangguhan SUV pertama dari Honda di Indonesia yang berkapasitas tujuh penumpang. Buah persilangan antara SUV dan multipurpose vehicle (MPV).

Namun, saat itu  pengujian menggunakan Honda BR-V tipe E-CVT yang dirancang empat silinder. Penggunaan mesinnya masih sama dengan model pertama kalinya, yakni menggunakan tipe i-VTEC 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 120 PS dan torsi 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm. Karena medan jalan yang diperkirakan bebatuan dan sesekali melintas di jalan berlubang, rasa percaya diri muncul saat melihat ground clearance atau pijakan mobil ini terukur 201 milimeter atau tertinggi di kelasnya.

KOMPAS/STEFANUS OSA--Honda BR-V menjadi pilihan bagi penggemar mobil kelas low SUV.

Walaupun seluruh eksistensi ketangguhan BR-V diperlihatkan sepanjang perjalanan dari Yogyakarta menuju kawasan Gunung Kidul yang kaya akan wisata pantai, setidaknya ada dua titik uji bagi pengguna BR-V maupun kehandalan mobil berpenggerak roda depan ini. Tidak hanya kebolehan dari teknologi mobil ini, tetapi juga keterampilan pengendara ikut memainkan peran penting agar mobilitas mobil ini tetap terjaga. Tidak oversteering atau understeering.

Sekali lagi, ini adalah pilihan!

Oleh STEFANUS OSA TRIYATNA

Sumber: Kompas, 30 April 2019

No comments:

Post a Comment